Shares of Microsoft hit by biggest sell action since 2009

Shares of Microsoft hit by biggest sell action since 2009
(Reuters) - Saham Microsoft Corp turun lebih dari 11 persen pada Jumat, terjun terbesar dalam lebih dari empat tahun, sehari setelah perusahaan perangkat lunak mencatat hasil kuartalan suram akibat lemahnya permintaan untuk sistem Windows terbaru dan penjualan miskin tablet Surface nya .

Aksi jual saham, dari tertinggi lima tahun, adalah yang terbesar dalam persentase sejak Januari 2009, ketika perusahaan software terbesar di dunia memangkas 5.000 pekerjaan selama resesi. Pada satu titik dalam hari, kerugian melebihi 12 persen, sehingga penurunan terbesar sejak gelembung saham internet meledak pada tahun 2000.

Tentang $ 34000000000 telah dihapus dari nilai pasar Microsoft pada hari Jumat, melebihi ukuran saingannya Yahoo Inc

Pendapatan Microsoft telah hancur oleh writedown $ 900.000.000 pada nilai tablet Surface terjual setelah memotong harga dalam upaya untuk merangsang pembeli.

Hasil buruk mengejutkan Wall Street, yang telah percaya kekuatan perusahaan dengan pelanggan bisnis akan membantu naik keluar penurunan penjualan PC konsumen. Hasil memicu skeptisisme segar rencana baru Chief Executive Steve Ballmer untuk membentuk kembali perusahaan sekitar perangkat dan layanan, diresmikan minggu lalu.

"Reorganisasi terakhir tidak memperbaiki tablet atau smartphone masalah," kata analis Nomura Rick Sherlund dalam sebuah catatan kepada klien pada hari Jumat. "Perangkat kesempatan saja menerima hardware $ 900.000.000 menulis-off untuk Permukaan RT dan investor tidak mungkin bahkan menyukai gagasan mengarungi lebih ke wilayah ini."

Sherlund menyarankan bahwa investor aktivis akan menekan Ballmer untuk mempertimbangkan kembali strategi musim panas ini, referensi untuk ValueAct Modal, yang mengambil $ 2 miliar saham di Microsoft pada bulan April dan sedang dalam pembicaraan untuk mendapatkan kursi di papan Microsoft.

"Ini (hasil) itu jauh lebih mengganggu daripada investor diharapkan, dengan Microsoft hilang pedoman dalam setiap divisi dan membimbing lebih rendah," tulis Sherlund. "Semuanya seorang aktivis investor bisa meminta."

Lain analis Wall Street juga sama-sama kecewa dengan laporan keuangan terbaru Microsoft.

Broker Raymond James dan Cowen & Co menurunkan peringkat mereka terhadap saham Microsoft dengan takik untuk "market perform" dan setidaknya lima orang lainnya dipangkas target harga mereka sebanyak $ 3.

Target harga dipotong serendah $ 35, di bawah harga penutupan hari Kamis $ 35,44. Saham jatuh serendah $ 31,02 pada hari Jumat dan ditutup pada $ 31,40 di Nasdaq, sebuah 11,4 persen penurunan.

FBR Capital Markets analis David Hilal mengatakan pendapatan Microsoft dari sistem operasi Windows pada kuartal keempat adalah 9 persen di bawah harapannya.

"Para pendorong pertumbuhan potensial utama (Windows 8, Surface) dari cerita Microsoft tampaknya memudar, menuju ke FY14," tulis Hilal dalam sebuah catatan.

Awal pekan ini, Microsoft mengatakan pihaknya drastis memotong harga untuk menarik pembeli Permukaan, mengurangi nilai dari perangkat dalam persediaan.

Microsoft meluncurkan tablet Surface tahun lalu untuk menantang iPad Apple Inc, namun penjualan telah gagal memenuhi harapan.

"Sistem operasi Windows RT belum hit MSFT harapkan," kata analis Cowen Gregg Moskowitz dalam sebuah catatan, menambahkan bahwa harapan investor untuk tablet belum pernah sangat tinggi.

Janney Capital Markets analis mengatakan pencadangan itu merupakan pengakuan bahwa upaya pertama Microsoft di pasar tablet tidak pernah berhasil.

Perusahaan juga mengatakan pada Kamis pihaknya memperkirakan pendapatan dari perangkat lunak Windows akan terus turun karena pasar PC yang lemah.

Microsoft outlook poin ke pasar PC lemah, bergeser menuju pendapatan langganan dan jeda menjelang Xbox Satu konsol game rilis, yang semuanya diharapkan tekanan pertumbuhan pendapatan, analis Morgan Stanley mengatakan dalam sebuah catatan.

Xbox adalah satu-satunya perangkat dengan Microsoft yang telah menemukan pengikut dari kalangan konsumen dan versi baru diharapkan untuk memulai tahun ini.

(Pelaporan oleh Chandni Doulatramani di Bangalore, David Gaffen di New York dan Bill Rigby di Seattle, Editing oleh Sreejiraj Eluvangal, Andrew Hay dan Richard Chang)

0 Response to "Shares of Microsoft hit by biggest sell action since 2009"

Posting Komentar