Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja dan Performa Ponsel berbasis Symbian

Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja dan Performa Ponsel berbasis Symbian

Sebagai Ponsel yang berbasis Symbian memang sudah tak sehebat dengan Android, Blackberry dan IOS. Tapi jangan salah Ponsel jenis ini masih memiliki kemampuan yang sangat luar biasa sehingga masih bisa menggunakan aplikasi ataupun game yang ada di platform lain.
Bagaimana cara agar performa ponsel symbian tetap menjadi Juara ???
Saya akan bagikan sedik Tips dan Trik untuk mendongkrak performa ponsel jenis Symbian ini

1.    Symbian memang memiliki kemampuan untuk multitasking, namun hal ini akan membuat kinerjanya melambat dan membuat ponsel cepat panas. Oleh karenanya setelah Anda menggunakan Aplikasi usahakan untuk ditutup kembali, bukannya menekan tombol home saja. Untuk menutup semua aplikasi dengan cepat. Tekan tombol menu agak lama sampai muncul aplikasi yang sedang berjalan lalu pilih ikon close pada bagian kanan atas aplikasi.
2.    Brightness sejatinya sangat diperlukan saat anda berada dibawah terik matahari, agar layar ponsel jelbih jelas dilihat. Namun jika tidak perlukan menggunakan layar yang cerah seperti saat berada didalam ruang, maka ada baiknya Anda menurunkan tingkat brightness untuk layar. Caranya melalui Settings>phone>display, lalu atur brightness sesuai kebutuhan.
3.    Wallpaper, Themes, dan Screensaver memang membuat ponsel menjadi lebih cantik, Namun penggunaan yang berlebihkan juga akan menguras banyak tenaga meski ponsel dalam keadaan standby. Oleh karenanya disarankan untuk mensettingnya secara default atau menonaktifkannya. Caranya melalui settings>general atau screensaver. Sedangkan Untuk mengganti wallpaper Anda dapat memilih agak lama pada homescreen, sampai muncul pilihan lalu pilih Default.
4.    Nonaktifkan semua koneksi jika tidak diperlukan, sehingga Anda dapat menghemat daya baterai. Caranya melalui bar notifikasi yang bisa Anda akses melalui homescreen, lalu swipe dari atas layar kebawah, dan ganti status Bluetooth, wifi, Mobile Data dan lainnya menjadi off.
5.    Penggunaan Widget yang tidak diperlukan akan mengurangi performa, apalagi widget tersebut dalam keadaan aktif, maka disarankan untuk menonaktifkan semua widget yang dianggap tidak diperlukan. Atau lebih hematnya hilangkan semua widget yang ada pada homescreen, Caranya dengan menekan agak lama pada widget, lalu pilih ikon remove pada bagian kanan atas widget.
6.    Secara default Symbian memiliki 4 panel Homescreen, banyaknya homescreen juga dapat mengurangi performa Symbian. Jadi hilangkan panel halaman homescreen untuk menghemat layar homescreen. Caranya dengan memilih ikon option melalui homescreen yang berada dikanan bawah. Lalu pilih Delete this homescreen.
7.    Aplikasi yang berjalan secara background akan menguras banyak tenaga dan performa. untuk menghindari hal ini, disable semua Aplikasi yang berjalan secara background atau autostart. Lebih baik lagi jika Anda kurangi aplikasi yang jarang atau tidak pernah Anda gunakan. Caranya dengan meng-uninstall/me-remove melalui settings>installation, lalu pilih aplikasi yang akan dihapus dengan memilih agak lama sampai muncul pilihan Remove.
8.    Saat menggunakan internet jika Anda tidak menggunakan paket data pada kartu operator, maka untuk menghemat biaya Anda dapat menonaktifkan konten gambar atau flash menjadi hanya text aja. Selain lebih hemat, kecepatan browsing juga jadi lebih cepat. Caranya melalui browser>settings>page lalu atus pada pilihan load content menjadi text only
9.    Cara lain untuk menhemat baterai saat daya sedang kritis adalah dengan mengaktifkan Power saving. Untuk mengaktfikannya Anda tinggal menekan tombol off, sampai muncul pilihan untuk mengaktifkan Turn power saving on.
10.    Jika Anda tidak berada pada jaringan 3G, ada baiknya dipindahkan ke jaringan 2G saja, karena dengan pengaturan Dual Mode ponsel akan terus mencari jaringan 3G dan ini akan menguras banyak daya. Cara menggantinya dengan memilih settings>connectivity lalu ganti pada Network Mode menjadi GSM.

Beberapa Tips Tersebut berguna untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan ponsel tersebut dari lamanya baterai, berselancar diinternet.

0 Response to "Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja dan Performa Ponsel berbasis Symbian"

Posting Komentar